Home » » DEFINISI FARMAKOLOGI dan Bagiannya

DEFINISI FARMAKOLOGI dan Bagiannya


Farmakologi atau ilmu khasiat obat adalah ilmu yang mempelajari pengetahuan obat dengan seluruh aspeknya. Baik sifat kimiawi maupun fisikanya, kegiatan fisiologi, resorpsi dan nasibnya dalam organisme hidup. Dan untuk menyelidiki semua interaksi antara obat dan tubuh manusia khususnya, serta penggunaan pada pengobatan penyakit, disebut farmakologi klinis. Ilmu khasiat obat ini mencakup beberapa bagian, yaitu farmakognosi, biofarmasi, farmakokinetika dan farmakodinamika, toksikologi dan farmakoterapi.

Farmakognosi yaitu ilmu yang mempelajari pengetahuan dan pengenalan obat yang berasal dari tanaman dan zat-zat aktifnya, begitu pula yang berasal dari dunia mineral dan hewan.

Biofarmasi yaitu meneliti pengaruh formulasi obat terhadap efek terapeutiknya, dengan kata lain dalam bentuk sedian mana suatu obat harus dibuat agar menghasilkan efek yang optimal.

Farmakokinetika yaitu meneliti perjalanan obat, mulai dari saat pemberiannya, sampai  bagaimana absorpsi dari usus, transport dalam darah dan distrbusinya ketempat kerjanya dan jaringan lain. Singkatnya farmakokinetika mempelajari segala sesuatu tindakan yang dilakukan tubuh terhadap obat.

Farmakodinamika yaitu mempelajari kegiatan obat terhadap organisme hidup, terutama cara dan mekanisme kerjanya. Singkatnya farmakodinamika mencakup semua efek yang dilakukan oleh obat terhadap tubuh.

Toksikologi adalah pengetahuan tentang efek racun dari obat terhadap tubuh, karena pada  setiap obat dalam dosis yang tinggi atau  tidak sesuai dengan dosis atau aturan yang dianjurkan oleh Dokter, dapat bekerja sebagai racun dan merusak organisme.                         
                   
Farmakoterapi mempelajari penggunaan obat untuk mengobati penyakit atau gejalanya. Penggunaan ini berdasarkan atas pengetahuan tentang khasiat obat dan sifat fisiologi atau mikrobiologinya.


Sumber : Obat-obat penting, DRS. Tan Hoan Tjay & DRS. Kirana Rahardja



0 komentar:

Posting Komentar