Home » » Pengertian Obat

Pengertian Obat


Pengertian Obat

Obat merupakan semua zat baik kimiawi, hewani, maupun nabati yang dalam dosis layak atau tertentu dapat menyembuhkan, meringankan, atau mencegah penyakit berikut gejalanya.
Obat Nabati

Kebanyakan pada zaman dahulu, obat yang digunakan adalah obat yang berasal dari tanaman atau tumbuh-tumbuhan ( nabati ). Dengan cara mencoba-coba, secara empiris ( belum memiliki kebenaran dengan pembuktian secara ilmiah atau hanya berdasarkan pengalaman ). Orang pada zaman dahulu, mendapatkan pengalaman dengan mencoba berbagai macam dedaunan, akar-akaran, batang , buah, bunga dan kulit kayu. Untuk melakukan tindakan penyembuhan berbagai macam penyakit,  luka dan kosmetika.
Pengetahuan ini secara turun-temurun disimpan, digunakan dan dikembangkan, sehingga muncul pengobatan rakyat, sebagaimana pengobatan tradisional yang lebih dikenal dengan nama  JAMU pada masyarakat Indonesia.

Obat nabati ini digunakan dengan cara direbus,  ditumbuk, dan di ekstrak ( dikeringkan ). Dengan efektivitas yang terkadang berbeda-beda tergantung dari antara lain : asal tanaman dan cara pembuatannya. Kondisi ini dianggap kurang memuaskan, sehingga lambat laun para ahli kimia mulai mencoba mengisolasi zat-zat aktif yang terkandung didalamnya. 

Hasil percobaan mereka adalah serangkaian zat kimia yang terkenal diantaranya adalah Efedrin dari tanaman Ma huang ( Ephedra vulgaris ), Kinin dari kulit pohon kina, Atropin dari atropa belladonna, Morfin dari candu ( Papaver somniferum ), dan Digoxin dari digitalis lanata,  Reserpin dan resinamin dari pule pandak ( rouwolfia serpentine),  vinblastin dan vinkristin dari vinca rosea, Artemisinin dari qinghaosu ( Artemisia annua ), Onkolitika paclitaxel ( taxol ) dari jarum jarum sejenis cemara ( conifer ) taxus brevifolia/baccata dan Genistein dari kacang kedelai.

Sumber : Obat-obat penting, DRS. Tan Hoan Tjay & DRS. Kirana Rahardja



0 komentar:

Posting Komentar